STANDAR KOMPETENSI LULUSAN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN JENJANG SARJANA PROGRAM STUDI AQIDAH DAN FILSAFAT ISLAM
Profil Lulusan Program Studi
Profil utama lulusan Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam adalah sebagai pemikir, analis dan asisten peneliti (pemula) masalah keagamaan yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dalam akidah dan filsafat Islam, mampu memetakan, menjawab munculnya beragam aliran dan gerakan serta madzhab pemikiran keagamaan yang berkembang, serta mampu menemukan solusi dari problematika yang berkembang terkait dengan masalah akidah dan filsafat Islam baik dalam teks maupun dalam konteks kehidupan multikultural dan multi agama serta bertanggungjawab sesuai dengan prinsip-prinsip dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
No | Profil Lulusan | Deskripsi Profil Lulusan |
1 | Pemikir Keagamaan | Sarjana akidah dan filsafat Islam yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir sebagai pemikir keagamaan dalam akidah dan filsafat Islam, mampu memetakan, menjawab munculnya beragam aliran dan gerakan serta madzhab pemikiran keagamaan yang berkembang, serta mampu menemukan solusi dari problematika yang berkembang terkait dengan masalah akidah dan filsafat Islam baik dalam teks maupun dalam konteks kehidupan multikultural dan multi agama serta bertanggungjawab sesuai dengan prinsip-prinsip dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian. |
2 | Analis Masalah Keagamaan | Sarjana akidah dan filsafat Islam yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir sebagai analis masalah keagamaan Islam dalam akidah dan filsafat Islam, mampu memetakan, menjawab munculnya beragam aliran dan gerakan serta madzhab pemikiran keagamaan yang berkembang, serta mampu menemukan solusi dari problematika yang berkembang terkait dengan masalah akidah dan filsafat Islam baik dalam teks maupun dalam konteks kehidupan multikultural dan multi agama serta bertanggungjawab sesuai dengan prinsip-prinsip dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian. |
3 | Asisten Peneliti Bidang FiIsafat dan Sosial Keagamaan | Sarjana akidah dan filsafat Islam yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir sebagai asisten peneliti dalam bidang akidah dan filsafat Islam, mampu memetakan, menjawab munculnya beragam aliran dan gerakan serta madzhab pemikiran keagamaan yang berkembang, serta mampu menemukan solusi dari problematika yang berkembang terkait dengan masalah akidah dan filsafat Islam baik dalam teks maupun dalam konteks kehidupan multikultural dan multi agama serta bertanggungjawab sesuai dengan prinsip-prinsip dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian. |
Rumusan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
- Deskripsi Umum
Deskripsi Umum terkait dengan Karakter dan Kepribadian Manusia Indonesia |
Sesuai dengan ideologi Negara dan budaya Bangsa Indonesia, maka implementasi sistem pendidikan nasional yang dilakukan di Indonesia pada setiap level kualifikasi pada KKNI mencakup proses yang membangun karakter dan kepribadian manusia Indonesia sebagai berikut: 1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; 2. Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya; 3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia; 4. Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya; 5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan dan agama serta pendapat/temuan original orang lain; 6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas. |
b. Deskripsi Kualifikasi Level 6 Jenjang Sarjana dalam KKNI
NO | Unsur Kualifikasi Kerja | Deskripsi Generik | Deskripsi Spesifik |
1 | Kemampuan Kerja | Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. | 1. Mampu memanfaatkan IPTEK untuk menjelaskan masalah- masalah yang berkenaan dengan akidah dan filsafat Islam dalam konteks kehidupan multi kultur dan multi agama; 2. Mampu beradaptasi dengan beragam kecenderugan kelompok masyarakat; 3. Mampu mensikapi dengan arif beragam ideologi dan aliran pemikiran yang muncul dan berkembang di masyarakat melalui pendekatan keilmuan dan sosial kemasyarakatan; 4. Mampu menggunakan teknologi dalam rangka menyelesaikan masalah Aqidah dan Filsafat Islam dalam konteks kehidupan multikultural dan multi agama; 5. Menunjukkan kemandirian intelektual dalam perencanaan dan pelaksanaan penelitian, serta pemecahan masalah Aqidah dan Filsafat Islam. |
2 | Penguasaan Pengetahuan | Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoretis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian secara prosedural | 1. Menguasai konsep, teori dan prinsip dalam bidang Ilmu akidah dan filsafat Islam secara mendalam; 2. Menguasai kerangka metodologis dalam memetakan permasalahan permasalahan yang terkait dengan masalah Aqidah dan pemikiran Islam, serta mampu menformulasikan penyelesaiannya secara ilmiah; 3. Menguasai dasar-dasar ilmu akidah dan teori-teori filsafat Islam dalam rangka mengembangkan pemikiran Islam yang holistik; 4. Mampu memformulasikan pemecahan masalah keagamaan dari perspektif teologis dan filsafat Islam. |
3 | Kemampuan Manajerial | Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok | 1. Mampu mengambil keputusan strategis terhadap masalah- masalah akidah dan pemikiran Islam yang dihadapi berdasarkan analisis informasi dan data-data yang diperoleh, sehingga mampu menemukan alternatif solusi yang terbaik; 2. Mampu menganalisis permasalahan tentang problematika akidah dan Filsafat Islam; 3. Mampu memberikan solusi terhadap masalah sosial keagamaan dan kemasyarakatan dalam masyarakat multi agama; 4. Mampu bersikap rasional dan kritis terhadap masalah sosial keagamaan dan kemasyarakatan dalam masyarakat multi agama yang dihadapi. |
4 | Tanggung Jawab Manajerial | Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi | 1. Bertanggung jawab dalam melakukan penanganan masalah-masalah Aqidah dan Filsafat yang ada kaitannya dengan kemasyarakatan; 2. Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya di bawah tanggung jawabnya dengan memanfaatkan pengetahuan Aqidah dan Filsafat untuk menghasilkan langkah-langkah pengembangan strategis; 3. Mampu bekerja satu tim dan menghargai nilai kerjasama dengan orang lain; 4. Mampu bertanggungjawab atas keputusan yang diambil; 5. Mampu bekerjasama secara konstruktif dan kolaboratif dalam pencapaian hasil kerja organisasi dan menghargai hasil kerjasama tersebut. |
Capaian Pembelajaran Program Studi
a. Capaian Pembelajaran Program Studi Bidang Sikap dan Tata Nilai
Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Sikap dan Tata Nilai |
Lulusan Program Studi Akidah dan Filsafat Islam jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki sikap dan tata nilai sebagai berikut: 1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap relegius dalam kehidupan perseorangan, masyarakat dan bangsa; 2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalaam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; 3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; 4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; 5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan rasional orang lain; 6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; 7. Menunjukkan sikap taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; 8. Meninternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik dalam kehidupan di sekolah/madrasah, di masyarakat dan di negara; 9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlianya secara mandiri; 10. Menginternalisasikan semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan di tempat tugas dan di masyarakat; 11. Menjunjung tinggi dan menginternalisasi nilai-nilai etika keislaman dalam kehidupan di sekolah/madrasah, di masyarakat dan di negara; 12. Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yaitu kejujuran, kebebasan dan otonomi akademik yang diembannya; 13. Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat; 14. Menampilkan diri sebagai pribadi yang stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi (adaptability), fleksibiltas (flexibility), pengendalian diri, (self direction), secara baik dan penuh inisitaif di tempat tugas; 15. Bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak deskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi; 16. Menunjukkan etos kerja, rasa bangga, percaya diri dan menghargai bidang tugas menjadi pemikir Islam moderat dalam kehidupan sosial keagamaan dan kebangsaan; 17. Menunjukkan sikap kepemimpinan (leadership), bertanggungjawab (accountability) dan responsibilitas (responsibility) atas pekerjaan di bidang pengembangan pemikiran Islam moderat secara mandiri dalam kehidupan sosial keagamaan dan kebangsaan; 18. Menginternalisasi semangat kemandirian/kewirausahaan dan inovasi dalam pengembangan pemikiran Islam moderat dalam kehidupan sosial keagamaan dan kebangsaan. |
b. Capaian Pembelajaran Program Studi Bidang Pengetahuan
Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan |
Lulusan Program Studi Akidah dan Filsafat Islam jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki pengetahuan sebagai berikut : 1. Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi; 2. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan akademik dan dunia kerja; 3. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan akademik dan dunia kerja; 4. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik; 5. Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin 6. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan; 7. Menguasai langkah-langkah untuk mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global; 8. Menguasai dasar-dasar ilmu keislaman (al-qur’an, hadis, fiqh, ushul fiqih, dan lainnya) dalam menopang kajian Aqidah dan filsafat Islam secara baik dan tepat; 9. Menguasai pengetahuan tentang sejarah, tumbuh kembang, dan teks ilmu Aqidah dan filsafat Islam secara luas, mendalam dan komprehensif dan dinamika disiplin keilmuan, konsep, dan metode ilmu akidah dan filsafat Islam yang relevan dan dalam konteks tuntutan zaman; 10. Menguasai dasar landasan, orientasi pengembangan, dan fenomena akidah dan filsafat Islam secara komprehensif, baik aspek ontologi, aksiologi, epistemologi, metodologi, dan logika maupun konteks kajiannya; 11. Menguasai konsep, pendekatan dan metode penelitian untuk mengkaji, memetakan dan mengkritisi gagasan-gagasan kefilsafatan dalam Islam, aliran-aliran pemikiran kalam klasik, pertengahan, dan modern/kontemporer. |
c. Capaian Pembelajaran Program Studi Bidang Keterampilan
Capaian Pembelajaran Program Studi Bidang Keterampilan Umum
Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Umum |
Lulusan Program Studi Akidah dan Filsafat Islam jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki kekerampilan umum sebagai berikut : 1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur; 3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni; 4. Mampu menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; 5. Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data; 6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; 7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; 8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; 9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi; 10. Menunjukkan kemampuan literasi informasi, media dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja; 11. Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja; 12. Mampu berkolaborasi dalam team, menunjukkan kemampuan kreatif (creativity skill), inovatif (innovation skill), berpikir kritis (critical thinking) dan pemecahan masalah (problem solving skill) dalam pengembangan keilmuan dan pelaksanaan tugas di dunia kerja; 13. Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid; 14. Mampu menghafal dan memahami isi kandungan al-Qur’an juz 30 (Juz Amma); 15. Mampu melaksanakan ibadah dan memimpin ritual keagamaan dengan baik. |
Capaian Pembelajaran Program Studi Bidang Keterampilan Khusus
Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Khusus |
Lulusan Program Studi Akidah dan Filsafat Islam jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki kekerampilan khusus sebagai berikut : 1. Bidang Aqidah dan filsafat Islam dalam rangka pengembangan keilmuan; 2. Mampu melakukan dialog keagamaan secara internal dan antar agama yang berbeda secara dialogis, logis, toleran, argumentatif dan humanis; 3. Mampu membaca teks berbahasa Arab dan Inggris terkait kajian aqidah dan filsafat Islam serta menterjemahkan teks tersebut untuk memperoleh makna kandungannya; 4. Mampu mengaktualisasikan nilai-nilai keislaman yang rahmantan lil ‘alamin, moderat, toleran dan ramah berdasarkan pendekatan teologis dan filosofis; 5. Mampu mengembangkan pemikiran keagamaan dalam konteks Aqidah dan Filsafat Islam, yang inklusif, toleran, dan moderat dalam kehidupan umat beragama dan hubungan antar umat beragama; 6. Mampu merefleksikan kemampuan diri dalam pengembangan pemikiran keagamaan dalam konteks aqidah dan filsafat Islam yang inklusif, toleran, dan moderat dalam kehidupan umat beragama dan hubungan antar umat beragama; 7. Mampu menghafalkan dan memahami ayat-ayat dan hadits-hadits yang berkait dengan ketauhidan (aqidah) dan filsafat Islam (pemikiran/hikmah). |